Cara Baru Membuat Powerpoint yang Menginspirasi

PowerpointSLIDER – Banyak presenter terlalu menganggap remeh presentasi powerpoint. Dokumen kantor dimasukkan begitu saja ke dalam slide tanpa ada modifikasi. Serangkaian kalimat dengan huruf kecil-kecil membuat audiens capek melihatnya. Tidak ramah untuk mata. Apabila audiens duduk di belakang, maka tamatlah sudah, tak ada yang kelihatan.

Ditambah dengan tutur bahasa “langitan” yang tak dimengerti audiens. Istilah-istilah asing itu memang membuat Anda terkesan seperti professor lulusan luar negeri. Pintar dan terdidik. Namun alih-alih mengagumi, audiens malah penuh tanya dalam hati, “Apa sih yang dia bicarakan?”

Hai presenter, saatnya berubah! It’s time for you to handle your responsibility. Membuat audiens mengerti pesan Anda adalah esensi dari presentasi yang sesungguhnya.

Bayangkan ada sepiring kecil puding cantik di hadapan Anda. Berwarna-warni, ada pink, hijau, oranye. Bagian atasnya disirami susu putih tipis. Piring kecilnya dihias cantik dengan potongan kecil jeruk segar. Oh, sungguh kecantikan yang memikat hati. cantik memikat hati. Begitu masuk ke mulut, rasanya lembut dan manis. Begitu mudah digigit, tak butuh waktu lama untuk menghabiskannya.

Rahasia dari teknik presentasi Steve Jobs ada pada dua kata berikut: “Chewie & Yummie”. Chewie berarti pesan-pesan yang disampaikan gampang dicerna audiens. Yummie berarti cara penyampaian yang menyenangkan, fun, menarik. Presentasi yang gampang dikunyah (chewie) dan menarik (yummie), dua kombinasi itu akan membuat pesan Anda “nempel” di otak audiens dan membuat mereka bersorak “WOW”.

CHEWIE: Gampang Dikunyah

Chewie berlaku untuk content materi presentasi. Content materi haruslah sistematis, urut, dan memiliki logika berpikir yang dapat diterima akal sehat. Sesuai dengan logika umum berpikir, tidak ribet, tidak rumit, dan mengikuti prinsip logika dasar yang mudah dipahami. Misalnya, jika A maka B. Runtut, tidak lompat-lompat.
Materi presentasi haruslah singkat, padat, dilengkapi contoh-contoh yang nyata. Sehingga orang dapat menerimanya sebagai suatu pemahaman yang baik.

Nempel. Presentasi bisa menyentuh sisi emosional audiens atau menggunakan analogi yang tepat sehingga terus diingat. Atau sedemikian kerennya untuk diucap sehingga mereka menantikan tiap slide selanjutnya. Entah melalui cerita inspirasi, metafora yang mengena, atau sekadar singkatan lucu. Model gambar yang mudah diikuti, juga pesan-pesan yang “makjleb” atau menampar kita, pasti akan sangat melekat.

Gampang. Presentasi boleh keren dari sisi penampilan dan cara penyampaian, Anda wajib keren di situ. Bahasa perlu sederhana. Tidak menggunakan istilah-istilah teknis yang belum tentu dipahami orang awam. Tidak perlu effort besar untuk memahami. Tapi tanggung jawab terpenting Anda selama di panggung adalah memastikan tiap audiens mengerti pesan Anda. Bukannya sok keren dan sok pintar di depan sana.

YUMMIE: Terasa Enak

Cara pembawaan Anda haruslah sekeren mungkin dan membuat WOW audiens. Anda benar-benar memancing perhatian mereka, entah melalui slide keren, modern, dan nge-pop. Merangsang orang untuk terus melihat. Atau juga melalui kejutan-kejutan, atau cerita-cerita yang menarik dan juga memuaskan hasrat seni serta memanjakan mata. Melalui desain presentasi Anda.

Dan juga mudah untuk dilihat. Artinya presentasi dapat dilihat dengan nyaman dari mata audiens yang duduk di bangku paling belakang. Ukuran font, warna, desain, table, dan grafik harus gampang dilihat. Banyak orang terlalu menggampangkan presentasi. Anda pasti sudah pernah melihat presentasi yang penuh tulisan kecil-kecil, susah dibaca dan dimengerti. Belum apa-apa kita sudah malas untuk melihatnya.

Esensi dari presentasi adalah penyampaian pesan. Pesan melekat dalam hati mereka sehingga mereka bisa melakukan sesuatu. Membuat mereka bertindak untuk melakukan sesuatu.

Manfaatnya agar pesan Anda bisa menempel kuat di otak audiens. Di perusahaan, hal ini bermanfaat agar eksekusi strategi Anda bisa lebih smooth. Karena seluruh karyawan terinspirasi dengan visi Anda, dan juga memahami cara melakukannya.

Apabila Anda dosen atau guru, manfaatnya adalah mahasiswa Anda bisa lebih cepat menangkap mata kuliah yang disampaikan. Sudah menjadi tugas dosen untuk memastikan seluruh mahasiswanya menguasai materi yang disampaikan. Bahkan 100% materi yang disampaikan wajib dimengerti, bukan sekadar menghilang di awang-awang. Apabila mahasiswanya pintar-pintar, pastilah turut mendongkrak nama baik sang dosen. Karena kepiawaiannya menghasilkan mahasiswa-mahasiswa pintar.

Bagi para audiens seminar motivasi, presentasi yang baik akan membuat mereka paham dan termotivasi untuk menjadi lebih baik. Mereka benar-benar terbakar semangatnya, sehingga tahu “how to”-nya dan mudah melakukannya.

Itulah presentasi yang Chewie & Yummie.

Apabila Anda membutuhkan Training Powerpoint Visual silahkan klik di sini.

No related posts.

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

2 Responses to “Cara Baru Membuat Powerpoint yang Menginspirasi”

  1. sewa mobil says:

    You made some good points there. I did a search on the subject matter and found most persons will agree with your website.

  2. sewa mobil says:

    Great Post, thanks.

Leave a Reply